Minggu, 20 November 2011

Tutorial Lengkap Membuat dan Setting Blog di Blogger/Blogspot (Part III)

Pada artikel sebelumnya, Tutorial Lengkap Membuat dan Setting Blog di Blogger/Blogspot bagian I dan II sudah dibahas mengenahi tata cara bagaimana membuat blog di Blogger dan cara membuat posting di Blogger.

Pada artikel Tutorial Lengkap Membuat dan Setting Blog di Blogger/Blogspot bagian ke-3 ini kita akan membahas seputar menu atau navigasi yang terdapat pada halaman Dashboard Blogger.

Jika kita masuk ke halaman Dashboard Blogger (halaman utama dari Blogger) kita akan menemukan beberapa menu atau bisa juga kita sebut sebagai link navigasi. Sebelum melangkah lebih jauh, yang perlu kita lakukan terlebih dulu adalah mengenal dengan baik fungsi atau kegunaan dari masing-masing link navigasi tersebut. (perhatikan gambar dibawah)


Pada halaman Dashboard terdapat beberapa link dengan fungsional masing-masing jika anda klik.
Dibagian atas terdapat link Dashboard, My Account, Help, dan Sign out, sementara pada baris kedua dari header terdapat link Try the updated Blogger interface dan Language. Selanjutnya pada baris ke-3 sebelah kiri header terdapat menu/link untuk penyuntingan profile: View Profile, Edit Profile, Edit Photo, Edit Notifications. Dibagian kanan terdapat link New Post Edit Posts, Comments, Settings, Design, Stats dan dibagian header baris seterusnya terdapat Reading List.

Keterangan dari masing-masing menu atau link diatas adalah sebagai berikut:

Dashboard: Halaman utama atau panel kendali Blogger
My Account: Akun Google anda
Help: Menuju pusat bantuan terkait Blogger, jika anda mengalami kesulitan untuk melakukan suatu konfigurasi atau setting silahkan klik link tersebut.
Sign out: Keluar dari akun anda

Try the updated Blogger interface: Ini adalah user interface terbaru yang disediakan oleh blogger. User Interface maksudnya adalah tampilan antar pengguna dengan halaman, dalam hal ini Blogger. Jika anda klik link tersebut, maka anda akan dibawa ke halaman Dashboard baru Blogger. Terdapat perbedaan tampilan antara Dashboard versi lama (seperti pada gambar) dengan Dashboard Blogger yang baru.
Language: Untuk merubah bahasa
Tersedia beberapa bahasa pilihan sesuai dengan pilihan si user, English, Arabic, Bulgarian, Indonesian, dsb.

Selanjutnya pada menu penyuntingan profile yang meliputi View Profile, Edit Profile dan Edit Photo Anda bisa menyunting profile anda semenarik mungkin sesuai keinginan anda. Setelah anda selesai menyiapkan tampilan profile anda, nantinya anda bisa memasukkan link profile kedalam menu navigasi navbar (navigasi bagian header halaman blog).

Reading List: Reading List adalah letak/tampilan dari blog yang anda follow/ikuti. Artikel atau posting terbaru dari blog yang anda ikuti akan ditampilkan secara otomatis pada kolom Reading List.
New Post: Membuat posting baru
Edit Posts: Penyuntingan posting lama
Comments: Disini anda bisa menyunting ulang tentang pengaturan Comment. Comment yang masuk bisa dimoderasi terlebih dulu sebelum ditampilkan atau langsung ditampilkan alias tanpa moderasi.
Settings: Konfigurasi blog
Design: Penyuntingan template dan memasang gadget
Stats: Statistik blog

Mengenahi fungsional link-link diatas sebenarnya sangat mudah untuk dikenali dan dikerjakan, tanpa dijelaskan pun mungkin sudah bisa dimengerti. Namun, sesuai dengan judul tutorialnya “Tutorial Lengkap Membuat dan Setting Blog di Blogger/Blogspot” rasanya tidak lengkap kalau tidak diulas secara menyeluruh terlebih lagi jika buat sobat Blogger yang dalam hal ini memang baru pertama kali masuk kedunia blogging.

Tutorial Lengkap Membuat dan Setting Blog di Blogger (Part III)

Klik disini untuk membaca artikel "Tutorial Lengkap Membuat dan Setting Blog di Blogger bagian I"

klik disini untuk membaca artikel "Tutorial Lengkap Membuat dan Setting Blog di Blogger bagian II"

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Saya lebih suka yg lama. Slm kenal.

Posting Komentar