Kamis, 17 November 2011

Tutorial Lengkap Membuat dan Setting Blog di Blogger/Blogspot (Part II)

Tutorial tata cara membuat posting di Blogger

Panduan tata cara posting artikel di Blogger. Pada artikel Tutorial Lengkap Membuat dan Setting Blog di Blogger bagian I sudah dibahas tentang bagaimana cara membuat blog di Blogger. Artikel kali ini akan membahas tata cara melakukan posting. Posting bisa berupa total text, bisa juga dengan menyisipkan gambar dan beberapa objek lainnya.

Untuk membuat posting/menulis artikel di blog berikut langkah-langkahnya :

Tutorial tata cara membuat posting di Blogger
  • Masuk ke Blogger
  • Klik menu ENTRI BARU kemudian akan muncul jendela posting editor.
  • Ketika anda hendak mengeposkan/posting sebuah artikel anda bisa menggunakan dua pilihan posting editor yang disediakan oleh Blogger, yaitu posting editor dalam format Edit HTML dan Compose. Apa yang membedakan posting editor dalam format Edit HTML dan Compose?
    Ada sedikit perbedaan dengan kedua jenis posting editor ini: Jika anda menggunakan mode Edit HTML, maka anda dapat memasukkan struktur kode html dengan lebih sempurna. Perlu diingat bahwa jika kita bicara soal website/blog, maka baik dan buruknya disain suatu weblog adalah ditentukan oleh tiga jenis bahasa pemograman web, yakni HTML, Javascript dan PHP. Tiga jenis bahasa pemograman web tersebut akan menjadi penentu seperti apa nantinya wajah atau tampilan dari weblog anda. Karena dalam hal ini bahasa pemograman web yang akan kita gunakan di Blogger adalah menggunakan HTML, maka focus kita adalah ke HTML. Dengan menggunakan coding HTML anda dapat memoles sedemikian rupa bentuk postingan anda. Memasukkan beberapa instruksi perintah yang anda sisipkan pada tag HTML yang nantinya akan menjadikan postingan anda memiliki efek atau nilai artistic tertentu, misalnya dalam postingan yang akan dibuat anda ingin membuat sebaris text berjalan, text berkedip, gambar dengan efek bayangan, dsb. Selain itu, sebenarnya masih ada lagi sedikit uraian deskriptif mengenahi mode Edit HTML dalam editor posting Blogger, tetapi secara garis besarnya adalah seperti yang telah terurai diatas. Yang kedua, mode Compose. Apa yang bisa dilakukan dengan mode Compose? Memposting artikel dengan menggunakan mode Compose relative simple, tetapi sisi kekurangannya adalah kita tidak bisa melakukan banyak perubahan atau polesan dengan postingan kita. Mode Compose adalah mode standar, seperti halnya ketika kita membuat dokumen menggunakan Microsoft Word.
  • Tulislah sebuah posting yang hendak anda poskan, beri judul pada kolom Judul.
  • Jendela posting editor dilengkapi dengan beberapa fitur, seperti penyisipan sebuah Link dalam konten posting anda, Gambar, Label, pencantuman Lokasi,dsb.
  • Sebelum ke pembahasan selanjutnya, terlebih dulu akan kita bahas apa fungsional masing-masing?

  • Judul : Setiap kali anda membuat posting, maka anda diharuskan untuk menyertakan sebuah judul pada postingan anda. Kenapa? Judul merupakan deskripsi utama dari seluruh isi postingan anda. Ini berkaitan dengan teknik SEO yang akan kita bahas pada sesi berikutnya. Jika anda membuat sebuah posting tanpa menyertakan judul dalam postingan tersebut, maka posting tersebut tidak akan bisa terindex/terbaca oleh mesin pencari seperti Google, Yahoo, Bing, dsb. Artinya, selain konten postingan tersebut tidak memiliki nama karena tidak berjudul postingan tersebut juga hanya dapat anda baca sendiri karena orang lain tidak bisa menemukannya lewat hasil telusur mesin pencari di internet. Orang/pengguna internet (netter) hanya akan dapat membaca postingan anda jika anda memberitahunya secara langsung.

    Link: Apa itu Link? Link dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai tautan. Fungsinya adalah untuk menghubungkan sesuatu yang di taut beralih kehalaman lain ketika di klik. Apa kegunaan Link pada editor posting Blogger? Dengan membaca deskripsi diatas tentunya anda sudah bisa membuat kesimpulan. Fitur link pada editor posting Blogger berfungsi untuk memasukkan sebuah link dalam konten/isi posting anda. Dengan anda memasukkan link pada postingan anda dapat menghubungkan sebuah halaman ke halaman lainnya, atau dari halaman weblog anda menuju weblog lain. Link dalam satu weblog disebut sebagai internal link, sementara link dari sebuah weblog ke weblog lainnya disebuat sebagai external link. Anda bisa menyisipkan link pada baris text atau gambar dalam posting anda. Bagaimana cara memasukkan link pada sebuah artikel yang akan di posting? Blok atau tandai text yang akan anda beri link, kemudian klik tombol/menu Link yang ada dibagian atas editor posting lalu masukkan alamat URL atau alamat link-nya kemudian klik OK

    Gambar: fitur Gambar pada editor posting Blogger berfungsi untuk memasukkan gambar dalam posting anda. Anda bisa memasukkan beberapa gambar sesuai dengan keinginan anda dengan cara meng-klik tombol gambar tersebut kemudian akan keluar jendela baru untuk proses upload atau unggah. Gambar yang akan anda sisipkan dalam postingan bisa anda ambil dari data computer anda, atau dari internet. Jika anda ingin memasukkan gambar dari internet, maka yang perlu dilakukan adalah memasukkan alamat URL dimana gambar di internet yang akan anda unggah tersebut disimpan.

    Label: Label kita sebut juga sebagai katagori. Label berfungsi untuk mengelompokkan beberapa postingan dalam satu katagori, misalnya katagori berita, tips, download, dsb. Dengan memanfaatkan fitur Label yang disediakan oleh Blogger tentunya anda dengan mudah bisa membuat tata cara pengelompokan artikel atau posting dengan lebih teratur dan baik. Untuk membuat label atau katagori anda cukup menuliskan nama label yang anda inginkan dalam kotak penulisan label. Anda bisa membuat label sebanyak mungkin sesuai dengan kebutuhan anda. Anda cukup menulis satu kali untuk nama label yang sama. Nama label yang sudah pernah anda tulis/buat tidak akan hilang, kecuali anda hapus. Ketika anda hendak membuat posting kemudian anda hendak memasukkan label yang sudah pernah anda tulis/buat, silahkan klik Show All pada bagian bawah editor posting, label tersebut akan muncul.

    Lokasi: pencantuman lokasi sebenarnya tidak bersifat prioritas, anda bisa membuat pilihan untuk memperlihatkan peta lokasi kepada pengunjung weblog anda atau tidak.

  • Setelah anda mengenali fungsional dari beberapa menu yang terdapat pada editor posting Blogger, maka sekarang anda tinggal menyelesaikan artikel atau postingan yang akan anda terbitkan.
  • Setelah anda selesai, untuk mempublikasikannya silahkan klik TERBITKAN ENTRI, posting anda sudah berhasil diterbitkan.
Tutorial Lengkap Membuat dan Setting Blog di Blogger (Part II)

Klik disini untuk membaca artikel "Tutorial Lengkap Membuat dan Setting Blog di Blogger bagian I"

0 komentar:

Posting Komentar