Rabu, 16 November 2011

Panduan Lengkap Membuat dan Setting Blog di Blogger/Blogspot (Part I)

panduan lengkap membuat blog di blogspot
Tutorial membuat blog di blogger/blogspot beserta tata cara pengaturannya akan saya bahas secara detail mulai dari proses awal pendaftaran blog sampai dengan langkah-langkah promosinya.

Panduan membuat blog di blogger/blogspot beserta tata cara pengaturannya ini akan saya bahas secara continuously atau berseri. Jadi, buat anda pecinta blogging yang dalam hal ini masih pemula atau sama sekali belum mengerti tentang blogging silahkan ikuti terus serial posting atau posting berseri tutorial membuat blog di blogger/blogspot beserta tata cara pengaturannya.

Tutorial membuat blog di blogger/blogspot beserta tata cara pengaturannya ini lebih dikhusukan untuk Blogger pemula, namun buat sobat blogger yang sudah punya pengalaman blogging tidak ada salahnya juga untuk menyimak artikel-artikel yang akan saya tulis di blog ini. Selain dapat berbagi ilmu blogging, tips beserta panduan yang akan saya jelaskan juga mungkin berguna buat sobat blogger sekalian. Dalam tutorial serial posting ini saya akan mencoba menjelaskan tahapan-tahapan dasar sampai dengan fase yang sulit.

Tutorial Lengkap Membuat dan Setting Blog di Blogger/Blogspot (Part I)

Bagaimana cara membuat/daftar blog di Blogger?

Pertama, untuk dapat memiliki blog di Blogger syarat pertama yang harus anda lakukan adalah membuat akun Gmail. Proses pembuatan akaun gmail seperti halnya anda membuat akun email di Yahoo. Setelah anda memiliki akun Gmail, langkah selanjutnya untuk membuat blog di Blogger adalah dengan mengunjungi situs Blogger yang beralamatkan @ http://blogger.com

Silahkan buka alamat URL tersebut. Kemudian, pada halaman utama/home Blogger silahkan sign in/masuk dengan menggunakan akun Gmail anda. Setelah anda berhasil masuk, klik Get Start/Memulai atau Ciptakan Blog.

Pada halaman pembuatan akun Blogger, isikan data-data yang diminta. Dimulai dari mengisikan alamat akun Gmail anda, tanggal lahir, jenis kelamin, dsb. Setelah selesai mengisikan data-data yang diminta, masukkan verifikasi kata yang tertera kemudian centang kotak kecil yang bertuliskan Saya menerima Persyaratan dan Layanan lalu klik Next.

panduan lengkap membuat blog di blogspot

Halaman yang akan muncul berikutnya adalah form pengisian alamat URL blog dan judul blog. Masukkan alamat URL blog sesuai keinginan anda (klik Cek Ketersediaan untuk melihat apakah alamat URL pilihan anda sudah terdaftar atau belum, jika sudah terdaftar maka anda tidak bisa menggunakannya dan harus menggunakan alamat URL lainnya). Setelah selesai mengisikan alamat URL blog dan judul blog silahkan masukkan verifikasi kata kemudian klik Next.

Pada halaman berikutnya anda akan diminta untuk memilih Template. Pilihlah salah satu template sesuai selera anda kemudian klik Lanjutkan/Next.

panduan lengkap membuat blog di blogspot

Proses pendaftaran/pembuatan akun blog sudah selesai. Blog anda sudah berhasil diciptakan.

panduan lengkap membuat blog di blogspot

Anda sudah bisa memulai blogging.
Turorial tata cara membuat posting beserta panduan-panduan lainnya akan dibahas pada posting berikutnya.

Panduan Lengkap Membuat dan Setting Blog di Blogger/Blogspot (Part I)

0 komentar:

Posting Komentar